2020-02-25

BANGKA TENGAH AKAN MENJADI PUSAT PEMBIBITAN KAMBING BOERKA PROVINSI BANGKA BELITUNG

BPTP KEP. BANGKA BELITUNG
...

Hari selasa tanggal 25 Februari 2020 Lolit Kambing Potong bersama BPTP Bangka Belitung dan Dinas Pertanian Kab. Bangka Tengah mengadakan bimbingan teknik mengenai budidaya pembibitan kambing boerka galaksi di Desa Beruas Kec. Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah.
Sumber bibit Kambing Boerka berasal dari Loka Penelitian Kambing dengan bantuan 100 ekor kambing boerka. Kambing jantan 20 dan betina 80 ekor dimana setiap petani dapat bantuan kambing jantan 1 dan betina 4 ekor. Kambing boerka disalurkan di Desa Beruas dan Desa Teru. Dengan harapanya Desa Beruas dan Desa Teru sebagai tempat penyediaan bibit kambing Boerka.

Narasumber budidaya kambing boerka disampaikan oleh Lolit Kambing Potong Sei Putih Medan, memaparkan bagaimana tips dan trik budidaya kambing boerka.

Adapun keunggulan dalam memelihara kambing boerka yaitu pemeliharaan mudah, daya adaptasi tinggi, cepat mendapatkan hasil, jumlah anakan lebih dari satu, selang beranak pendek 3x dalam 2 tahun dan yang paling penting adalah prospek untuk ekspor ke malaysia dan timur tengah.
Dengan sistem pemeliharaan intensif yaitu sistem perkawinan yang baik, manajemen pakan dan manajemen kesehatan akan menghasilkan kambing boerka yang berkualitas. Manajemen pakan kambing boerka juga cukup mudah, pakan hijauan yang dapat diberikan juga cukup mudah di dapatkan yaitu rumput gajah mini, indigofera gozal agribun, brachiaria humidicola, pospalun gueonarum dan brachiaria ruzziensis.

Sub Sektor : Kambing
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :